Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Formulir


Panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah


I.                   NAMA KEGIATAN
LOMBA KARYA ILMIAH SCIENTIFIC COMPETITION OF POLTEKKES DENPASAR 2019

II.                LATAR BELAKANG
Sehat adalah hak setiap orang. Oleh karena itu setiap orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan; setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan; Setiap orang berhak secara mandiri dan bertanggung jawab menentukan sendiri pelayanan kesehatan yang diperlukan bagi dirinya. Di sisi lain, setiap orang diwajibkan untuk ikut mewujudkan, mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Termasuk dalam kewajiban setiap orang adalah berperilaku hidup sehat, menjaga dan meningkatkan derajat kesehatan orang lain. Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.
Berdasarkan data Riskesdas 2007 dan Riskesdas 2013, bahwa faktor risiko perilaku kesehatan akibat masyarakat yang kurang beraktifitas fisik (26,1%), perilaku merokok masyarakat sejak usia dini (36,3%), masyarakat ≥10 tahun kurang mengkonsumsi buah dan sayuran (93,5%), dan penduduk ≥10 tahun minum minuman beralkohol (4,6%).
Kementerian Kesehatan telah menetapkan 7 prioritas kebijakan pembangunan kesehatan yaitu; 1. Percepatan Upaya Pencapaian MDGs Bidang Kesehatan 2. Upaya Promotif & Preventif 3. Peningkatan Akses dan Mutu Pelayanan Kesehatan 4. Pemenuhan Kebutuhan SDM Kesehatan di Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK) & Daerah Bermasalah Kesehatan (DBK) 5. Ketersediaan, Pemerataan Obat & Vaksin, Kemandirian Bahan Baku Obat, dan Integrasi Jamu dalam Pelayanan Kesehatan 6. Penyelenggaraan Birokrasi yang Bersih, Efektif & Efisien 7. Jaminan Kesehatan
Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menyukseskan program Indonesia sehat 2025 yaitu dapat melalui salah satu pendekatan, yang dapat dimulai dari pendekatan keluarga. Pendekatan keluarga ini dapat dilakukan dengan menjalankan program “Isi Piringku” dalam pencegahan penyakit tidak menular, pemantauan berat badan dalam mewujudkan masyarakat sehat dan cek kesehatan secara rutin serta melakukan aktifitas fisik. Mengingat pentingnya meningkatkan kemampuan dan kualitas masyarakat , maka untuk mendukung hal tersebut, Badan Eksekutif Mahasiswa Poltekkes Denpasar mengangkat tema “Generasi Cinta Sehat Siap Mebangun Negeri Healthy Generation Ready To Build The Country sebagai  tema dalam kegiatan SNIPER “Scientific Competition Of Poltekkes Denpasar yang juga dijadikan sebagai dasar landasan agar dapat  menciptakan suatu masyarakat yang sehat. 

III.             TEMA KEGIATAN
“Generasi Cinta Sehat Siap Mebangun Negeri”
 Healthy Generation Ready To Build The Country”.

IV.           PENYELENGGARA
PANITIA SNIPER ( Scientific Competition of Poltekkes Denpasar ) Tahun 2019.

V.         TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dilaksanakannya Lomba Karya Tulis Ilmiah Scientific Competition of Poltekkes Denpasar adalah :

1.      Tujuan Umum
Masyarakat dapat memahami dan menjalankan perilaku hidup sehat untuk meningkatkan derajat kesehatan Indonesia.
2.      Tujuan Khusus
a.       Menambah Pengalaman dan wawasan peserta lomba ilmiah tentang perkembangan Kesehatan di Indonesia  dimana tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, dan mengajak bangsa Indonesia untuk lebih sadar, mau dan mampu berperilaku sehat sehingga kualitas hidup meningkat.
b.      Mempersiapkan generasi yang unggul di bidang kesehatan melalui program pemerintah “Indonesia Sehat 2025”.
c.       Menjalankan program kerja MPM &BEM.


VI.             MANFAAT KEGIATAN
Manfaat dilaksanakannya Lomba Karya Ilmiah Scientific Competition of Poltekkes Denpasar adalah:
1.      Bagi generasi muda, lomba karya tulis ilmiah dapat memberikan pengalaman dan memperluas wawasan perkembangan Kesehatan di Indonesia  dimana tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, dan mengajak bangsa Indonesia untuk lebih sadar, mau dan mampu berperilaku sehat sehingga kualitas hidup meningkat.
2.      Bagi pemerintah, hasil karya tulis ilmiah remaja yang dikoleksi pada lomba ini dapat dijadikan salah satu referensi dalam upaya melaksanakan program “Indonesia Sehat 2025” dengan yang dimulai dari diri sendiri.
3.    Bagi Institusi pendidikan, lomba karya tulis ilmiah ini dapat dijadikan sarana edukasi siswa.



VII.          KETENTUAN UMUM
A.       Peserta
1.      Peserta merupakan Warga Negara Indonesia.
2.      Merupakan siswa/siswi SMA/SMK/ Madrasah/ sederajat se-Bali.
3.      Peserta bersifat kelompok. Maksimal 3 orang dalam 1 kelompok.
4.      Tiap kelompok atau peserta hanya boleh mengirimkan 1 buah Karya.
5.      Tiap sekolah boleh mengirimkan lebih dari satu kelompok peserta.

B.        Karya Tulis
1.      Karya Tulis merupakan karya orisinal peserta yang tidak pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis, tidak pernah dipresentasikan dan tidak pernah dipublikasikan di media manapun.
2.      Karya Tulis dibuat sesuai dengan tema yang telah ditetapkan.
3.      Karya Tulis dibuat mengikuti sistematika yang diberikan.

C.    Tema
Generasi Cinta Sehat Siap Membangun Negeri
(Healthy Generation Ready To Build The Country)”.

Dengan sub tema:
1. “Isi Piringku” Cara Efektif cegah penyakit tidak menular.
2. Pemantauan Berat Badan untuk mewujudkan generasi sehat.
3. Deteksi Dini dengan Cek Kesehatan secara Berkala
4. Aktivitas Fisik mencegah penyakit dan mengurangi biaya pengobatan
5. Stop Merokok untuk mengurangi angka kematian akibat rokok di Indonesia



D.    Pendaftaran dan Pengumpulan Karya Tulis
1.      Pendaftaran dan pengumpulan karya tulis dimulai dari tanggal 21 Januari s.d 3 Maret 2019. Dengan cara:
a.       Mengisi formulir pendaftaran yang ada di panduan atau dapat diakses melalui blog : bempoltekkesdps@blogspot.com. Pendaftaran tidak dipungut biaya. (Lampiran 6)
b.      Karya tulis dikirim rangkap 8 (masing-masing dijilid cover hijau) ke sekretariat BEM Poltekkes Denpasar dapat dikumpul pada hari kerja, senin-jumat mulai pukul 08.00-16.00 WITA, cap pos selambat-lambatnya tanggal 3 Maret 2019. Selain itu peserta juga diwajibkan mengirimkan soft copy karya tulis (word 2007) dalam bentuk Compact Disk yang dimasukkan ke dalam amplop yang sama dengan karya.

VIII. KETENTUAN LOMBA
    1. Semua karya tulis yang memenuhi syarat akan dinilai oleh enam sampai sebelas orang dewan juri dengan penekanan penilaian, (1) Sistematika Penulisan, (2) Originalitas, (3) Keselarasan isi dengan tema, dan (4) Pembahasan yang digunakan untuk menetapkan finalis.
    2. Dari seluruh karya tulis yang masuk akan ditetapkan 4 tim/finalis terbaik dan tim tersebut mendapat kesempatan mengikuti presentasi pada puncak acara Lomba Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan di “Direktorat Poltekkes Denpasar.
3.      Finalis akan diumumkan pada tanggal 15 Maret 2019” yang dapat diakses melalui blog: bempoltekkesdps@blogspot.com
    1. Dari 4 tim/finalis akan ditetapkan 3 tim/finalis terbaik dan akan mendapatkan hadiah berupa piala, piagam, serta uang pembinaan sedangkan satu tim lainnya akan mendapat hadiah berupa piala dan piagam penghargaan.
5.      Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
    1. Seluruh naskah yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat ditarik kembali.
    2. Final (presentasi) dilaksanakan pada tanggal 22 Maret 2019. Tiap peserta yang lolos ke babak final diharapkan membuat power point untuk dipresentasikan. Peserta diberikan waktu presentasi 10 menit dan tanya jawab selama 15 menit.
    3. Panitia menyediakan alat bantu berupa laptop dan LCD. Peserta diperbolehkan membawa alat peraga lainnya.

IX.       PANDUAN KARYA TULIS
Penyusunan karya tulis harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :
A.  Tata Urutan Karya Tulis
1.    Halaman Judul (Lampiran 2)
-          Judul ditulis dengan ukuran font 14 menggunakan huruf kapital-tebal di tengah atas halaman, sedangkan sub-judul ditulis dengan huruf kecil.
-          Panjang judul berkisar antara 12-20 kata.
-          Judul harus ditulis dengan gaya bahasa yang baik.
-          Tidak menggunakan singkatan maupun akronim
2.    Lembar Pengesahan (Lampiran 3)
-          Lembar pengesahan memuat judul, ketua kelompok dan anggota kelompok dengan menunjukkan identitas: nama lengkap. Selain itu memuat identitas pembimbing meliputi nama lengkap, Gelar, NIP.
-          Lembar pengesahan ditandatangani oleh ketua kelompok, pembimbing dan kepala sekolah.
-          Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.
3.    Surat Pernyataan Orisinalitas (Lampiran 4)
-          Surat pernyataan orisinalitas memuat identitas penulis yaitu: nama, nomor absen, asal sekolah dan jurusan.
-          Berisi pernyataan bahwa Karya Tulis Ilmiah yang telah ditulis benar-benar merupakan hasil karya sendiri serta dapat dipertanggungjawabkan dan bagi yang melanggar akan di diskualifikasi.
-          Surat Orisinalitas ditandatangani oleh ketua kelompok dan anggota kelompok serta telah diketahui oleh pembimbing dan kepala sekolah
4.    Biodata penulis (Lampiran 5)
-          Biodata penulis memuat identitas penulis yaitu: nama lengkap, nomor absen, tempat tanggal lahir, alamat asal, nomor telepon, e-mail, asal sekolah dan jurusan.
-          Mencantumkan kegiatan ilmiah yang pernah diikuti atau prestasi ilmiah yang pernah diraih.
-          Mencantumkan pas foto 4x6 beserta tanda tangan penulis.
5.    Kata Pengantar
Kata pengantar merupakan kata sambutan dari penulis yang berisi tentang :
-          Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa
-          Ucapan terima kasih pada berbagai pihak
-          Permohonan maaf
-          Harapan serta pertanggung jawaban penulis.
6.    Daftar Isi
Bagian daftar isi memuat tentang daftar dari seluruh isi baik bab maupun sub-bab karya tulis mulai dari halaman pertama sampai halaman terakhir pada karya tulis ilmiah tersebut.
7.    Daftar Lain
Daftar lain meliputi : daftar tabel, daftar gambar, daftar singkatan, dan daftar lampiran.
8.    Abstraksi
Halaman abstraksi ini merupakan tulisan singkat dan menyeluruh mengenai karya tulis. Panjang abstraksi maksimal 1 halaman terdiri 200 kata. Dengan spasi 1 dan jenis tulisan Times New Roman size 12.
9.    BAB I Pendahuluan
Dalam BAB I Pendahuluan diuraikan tentang :
a.       Latar Belakang, berisi tentang hal-hal yang melatar-belakangi penyusunan karya tulis.
b.      Rumusan Masalah, berisi tentang hal-hal yang menjadi pokok permasalahan dalam karya tulis ilmiah yang selanjutnya dibahas dalam pembahasan.
c.       Tujuan, berisi tentang hal-hal yang merupakan tujuan dalam penyusunan karya tulis ilmiah tersebut yang terdiri dari Tujuan Umum dan Tujuan Khusus.
d.      Manfaat, berisi tentang manfaat penyusunan karya tulis.
10.  BAB II Tinjauan Pustaka
Dalam BAB II Tinjauan Pustaka (landasan teori) memuat tentang uraian mengenai konsep-konsep dan data-data relevan dengan masalah yang dikaji yang bersumber dari data-data tertulis (buku atau jurnal ilmiah yang terkait).
11.  BAB III Kerangka Konsep
Kerangka konsep merupakan cerminan yang lebih jelas dari landasan teori dan menggambarkan variabel penelitian/variabel yang dibahas.
12.  BAB IV Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat. Metode penulisan meliputi : jenis penelitian, tempat dan waktu penelitian, unit analisis dan responden, jenis dan teknik pengumpulan data, pengolahan dan analisis data.
13.  BAB V Hasil dan Pembahasan
Hasil dan Pembahasan merupakan bagian inti dalam karya tulis yang memuat tentang pemecahan masalah yang tercantum dalam bagian rumusan masalah dalam bab pendahuluan.
14.  BAB VI Penutup
a.    Simpulan, berisi tentang kalimat yang merupakan pokok-pokok permasalahan dan pemecahannya dalam karya tulis.
b.    Saran-saran, berisi tentang saran-saran dan harapan penulis.
15.  Daftar Pustaka
Bagian daftar pustaka memuat sumber-sumber kepustakaan yang digunakan untuk menyusun karya tulis
16.  Lampiran
Dalam bagian lampiran ini memuat tentang hal-hal sebagai berikut data praktikum, jadwal kegiatan penelitian, RAB, instrumen pengumpulan data, foto-foto praktikum, dsb.
17.  Curicullum Vitae
Daftar Riwayat Hidup Penulis dan Prestasi-prestasi penulis.

B.  Kriteria Penulisan
1.        Penyusunan karya tulis dilakukan berdasarkan hasil penelitian/percobaan.
2.        Karya tulis ilmiah paling sedikit 20 halaman dan maksimal 30 halaman
3.        Karya tulis dibuat pada kertas A4, dan diketik menggunakan 1½ spasi, kecuali abstrak diketik satu spasi dengan ukuran 4 cm dari kiri, 3 cm dari kanan, atas, dan bawah tepi kertas. Penulisan halaman pada pojok kanan atas; 2,5 cm dari tepi atas kertas dan 3 cm dari tepi kanan kertas, kecuali Judul BAB ditulis di tengah-tengah 2,5 cm dari tepi bawah kertas
4.        Karya Tulis dijilid dengan menggunakan Kertas Bufallo berwarna Hijau.

X.      SISTEMATIKA BABAK FINAL

A.    Pelaksanaan Lomba
Urutan penyajian peserta ditentukan berdasarkan hasil undian yang dilaksanakan pada saat registrasi peserta. Peserta melakukan registrasi sekaligus mengambil nomor undian di meja registrasi, peserta yang datang lebih awal berhak mengambil undian terlebih dahulu.
Penyajian:
1.    Presentasi/penyajian karya tulis pelajar hanya dapat dilaksanakan oleh satu dari keselurahan anggota kelompok.
2.    Panitia menyediakan alat bantu berupa laptop dan LCD. Peserta diperbolehkan membawa alat peraga lainnya.
3.    Waktu Penyajian selama 25 menit, dengan rincian 10 menit presentasi, dan 15 menit tanya jawab oleh dewan juri.
Tanya Jawab:
1.    Tanya jawab dilakukan oleh dewan juri selama 15 menit.
2.    Peserta menjawab setelah dewan juri mengakhiri pertanyaannya.

B. Penilaian
Penilaian pemenang dilakukan oleh Dewan Juri, dengan memperhatikan:
1.    Makalah Karya Ilmiah (40%)
2.    Penyajian (20%)
3.    Tanya Jawab (40%)
Hasil penilaian Dewan Juri diumumkan pada saat acara penutupan
Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

C.  Penghargaan
Tiga karya tulis ilmiah terbaik sebagai pemenang I, II, dan III akan diberikan piala, piagam penghargaan, dan uang tunai sebagai berikut:
-       Juara I : Rp 700.000,00 + Piagam Penghargaan + Piala
-       Juara II : Rp 500.000,00 + Piagam Penghargaan + Piala
-       Juara III : Rp 300.000,00 + Piagam Penghargaan + Piala
-       Juara Harapan I : Piagam Penghargaan + Piala

D.  Jadwal Kegiatan
No
Uraian
Waktu
1.
Pendaftaran dan Pengumpulan Karya Tulis
21 Januari s.d 3 Maret 2019
2.
Pengumuman Finalis
15 Maret 2019
3.
Presentasi
22 Maret 2019
4.
Pengumuman Pemenang
22 Maret 2019

E.  Informasi Umum
1.    Sekretariat dan Blog
Panitia Scientific Competition Of  Poltekkes Denpasar
BEM  Poltekkes Denpasar
JL.Sanitasi No. 1 Sidakarya Denpasar Selatan Telp. (0361) 720698      
Blog :  bempoltekkesdps.blogspot.com.

2.  Contact Person LKTI
          Andriyani   ( 083896132563)
          Prapti          (085738624930)
          Dian           (082144498816)

F.     SUSUNAN ACARA
          (Terlampir)




FORMULIR LKTI
https://www.dropbox.com/l/scl/AACFZwWH4HlfQ0L_8Kgb8cHj4CV-VyWr9NY

Comments

Popular posts from this blog

HYMNE Politeknik Kesehatan Denpasar

MARS Politeknik Kesehatan Denpasar

PENUGASAN PKKMB POLTEKKES KEMENKES DENPASAR TAHUN 2022