Saka Bakti Husada


SBH

SBH (Saka Bakti Husada) merupakan salah satu saka dari 8 saka yang ada. Saka Bakti Husada merupakan saka milik Kementerian Kesehatan yang diresmikan pada tanggal 17 Juli 1985 dimana pada saat itu ditandai dengan dilantiknya Pimpinan Saka Bakti Husada Tingkat Pusat oleh kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Pembentukan Saka Bakti Husada ini mempunyai tujuan untuk mewujudkan kader pembangunan di bidang kesehatan yang dapat membantu melembagakan norma hidup sehat bagi semua anggota Gerakan Pramuka dan masyarakat di sekitarnya.
Kegiatan kesakaan dilaksanakan di Gugus Depan dan Satuan Karya Pramuka yang disesuaikan dengan tingkatan usia dan kemampuan jasmani serta rohani para peserta didik. Kegiatan pendidikan ini dilaksanakan tidak hanya teori saja tetapi dengan praktek di lapangan guna untuk menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang dimiliki oleh peserta didik.

Di Poltekkes Kemenkes Denpasar sendiri, SBH (Saka Bakti Husada) di bentuk pada tahun 2004, kira-kira kegiatan SBH di Poltekkes sudah 6 tahun berjalan. Tidak hanya jadi satu di Direktoratnya saja, di masing-masing jurusan juga mempunyai kegiatan SBH tersendiri. Tetapi tidak semua SBH di 6 jurusan aktif, hanya beberapa saja seperti Jurusan Keperawatan, Jurusan Gizi dan Jurusan Kesehatan Lingkungan saja yang SBHnya aktif hingga sekarang.

Kegiatan SBH di Poltekkes Kemenkes Denpasar ini setiap tahun diawali dengan perkemahan sekaligus pengukuhan dan pelantikan mahasiswa/i baru menjadi anggota SBH Poltekkes Kemenkes Denpasar. Kegiatan perkemahan dan pelantikan SBH ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan PPS yang wajib di ikuti oleh seluruh mahasiswa/i baru.

Pada tanggal 16-18 April 2010 kemarin, SBH Poltekkes Kemenkes Denpasar dengan anggota 20 orang (10 pa, 10 pi) yang tegabung dari ke-6 jurusan dipercaya untuk mengikuti Perkemahan Nasional Kesehatan (KemNasKes) I tahun 2010 di Cibubur, Jakarta Timur. Dari 3 bulan sebelum kegiatan perkemahan tersebut kami melakukan latihan setiap hari jumat – minggu dengan materi yang terdiri dari 6 Krida (Krida Bina Lingkungan Sehat, Krida Bina Keluarga Sehat, Krida Penanggulangan Penyakit, Krida Bina Gizi, Krida Bina Obat, Krida Bina Pola Hidup Bersih dan Sehat), latihan memberi penyuluhan, morse, tali-temali (simpul, tandu, tenda, pembidaian), PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), DU (Dapur Umum), Cerdas Cermat, dan Tari Daerah. Dan sebelum mengikuti perkemahan di Cibubur, kami melakukan kegiatan Persami di Jurusan Kesehatan Gigi pada tanggal 27 – 28 Maret 2010. Itu semua merupakan kegiatan-kegiatan yang dilombakan antar seluruh Gudep Poltekkes se-Indonesia. Selain itu di sana kami juga mengikuti kegiatan non perlombaan seperti penanaman pohon, jumpa tokoh, pelatihan akupuntur, service handphone, jelajah outbound, mendayung, pengetahuan satwa ular,pameran saka, karnaval dan malam bhineka tunggal ika.

Dan baru-baru ini, pada tanggal 17 – 21 Juni 2010, 4 teman kami (2 pa, 2 pi) yang berasal dari Jurusan Kesehatan Gigi juga di kirim ke Riau untuk mengikuti Peran Saka Nasional yang kegiatannya hampir sama dengan KemNasKes.

Jadi, SBH itu bukan mengenai kegiatan kepramukaan aja tetapi menyangkut hal-hal dalam kehidupan sehari-hari yang patut kita ketahui.

Dari kegiatan itulah kami mendapatkan pengalaman yang menarik yang belum pernah kami dapatkan sebelumnya dan dari sana juga kami mengenal teman-teman Poltekkes seluruh Indonesia.


Comments

Popular posts from this blog

MARS Politeknik Kesehatan Denpasar

HYMNE Politeknik Kesehatan Denpasar

PENUGASAN PKKMB POLTEKKES KEMENKES DENPASAR TAHUN 2022