Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar





UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) Pusat Poltekkes Denpasar merupakan wadah untuk menyalurkan minat, bakat dan keinginan mahasiswa dalam bidang akademik maupun non akademik.
Adapun sejumlah UKM yang dimaksud diantaranya sebagai berikut:

1.       UKM Kajian Ilmiah
UKM pusat kajian ilmiah adalah suatu kegiatan mahasiswa yang menaungi khususnya tentang kreatifitas mahasiswa yang menjurus bidang keilmuan (ilmiah). Sasaran utama UKM Pusat ini adalah mahasiswa yang berpengalaman dalam pembuatan karya ilmiah, selai itu sebagai wadah kreatifitas . UKM  ini juga dapat menampung Mahasiswa yang ingin terjun langsung dalam penyusunan suatu karya ilmiah.
Koordinator        : Dewa Gede Agus Suryawan
Jurusan                : Analis Kesehatan

2.       UKM English Club
UKM English Club merupakan suatu wadah bagi mahasiswa dan mahasiswi Politeknik Kesehatan Denpasar untuk mengembangkan dan menambah pengetahuan seputar bahasa inggris. UKM English Club ini baru didirikan pada tahun 2014, seiring dengan banyaknya lomba-lomba bahasa inggris serta melihat adanya bakat dalam berbahasa inggris dari mahasiswa/mahasiswi Poltekkes Denpasar maka didirikanlah sebuah wadah atau “Club” bahasa inggris yang diberi nama UKM English Club.
Koordinator        : Ni Dewi Christianti
Jurusan                : Keperawatan Gigi

3.       UKM SBH
UKM Pusat SBH (Sakha Bakti Husada) adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang menampung minat dan bakat mahasiswa dibidang Pramuka khususnya Sakha Bakti Husada. Salah satu program kerja dari UKM mengikuti event-event kepramukaan yang ada di Bali. UKM Pusat SBH Poltekkes Denpasar juga mempersiapkan mahasiswa yang memiliki bakat dan pengetahuan untuk memberikan materi kepada anak-anak SD , SMP dan SMA ketika melaksanakan kemah dan juga mengadakan lomba tentang kepramukaan.
Koordinator        : I Putu Bandem Arista Putra
Jurusan                : Analis Kesehatan

4.       UKM Mapala
Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) merupakan wadah pengembangan minat pada kecintaan terhadap alam nan terbentang yang diciptakan oleh Yang Maha Kuasa sebagai rasa syukur. Mapala adalah suatu kegiatan  di tingkat perguruan tinggi yang berkaitan dengan penalaran dan keilmuan, minat, bakat dan kegemaran, kesejahteraan mahasiswa serta pengabdian pada masyarakat.
Koordinator        : Yudhi Pratama
Jurusan                : Gizi

5.       UKM Seni Suara
UKM Pusat Seni Suara adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang menampung minat dan bakat mahasiswa dibidang seni khususnya seni suara. Salah satu program kerja dari UKM Pusat Seni Suara adalah membentuk kelompok paduan suara yang nantinya akan ditampilkan dalam acara-acara besar di Poltekkes Denpasar seperti wisuda, yudisium, Kongnas, Semnas, Dies Natalis dll. UKM Pusat Seni Suara Poltekkes Denpasar juga mempersiapkan mahasiswa yang memiliki bakat dalam bernyanyi untuk mengikuti perlombaan baik individu(single) maupun berkelompok.
Koordinator        : Ida Ayu Chandra Novita Sari
Jurusan                : Keperawatan

6.       UKM Tari
UKM Sani Bedhaya merupakan bidang yang bertanggung jawab atas terlaksananya unit kegiatan mahasiswa khusunya mengenai pengetahuan kurikulum tari atau kegiatan dalam bidang kesenian tari, pendataan penari aktif, dan penentuan dalam rotasi penari dalam berbagai agenda pentas yang diselenggarakan dan segala sesuatunya yang berkaitan dengan kegiatan yang terlaksana dilingkungan Poltekkes Denpasar.
Koordinator        : Luh Putu Nita Meliandari
Jurusan                : Keperawatan

7.       UKM Tabuh
UKM Pusat Tabuh merupakan suatu unit kegiatan mahasiswa yang menampung minat dan bakat seluruh mahasiswa di lingkungan Politeknik Kesehatan Denpasar dalam bidang seni khususnya seni tabuh.UKM Pusat Tabuh baru berdiri tahun 2014 ini mengingat Politeknik Kesehatan Denpasar memiliki Tari Kebesaran yaitu Tari Amertha Mohasadi, dan banyak kegiatan lainnya yang memerlukan seni tabuh. Kegiatan yang dilakukan oleh UKM tabuh ini adalah :  Regenerasi penabuh Tari Kebesaran Politeknik Kesehatan Denpasar, Melaksanakan latihan rutin sebelum event/pentas Penabuh Politeknik Kesehatan Denpasar. Dan untuk kedepannya kegiatan yang akan dilakukan adalah Persiapan Wisuda Politeknik Kesehatan Denpasar tahun 2014, Persiapan Kongres Nasional 2014 di Politeknik Kesehatan Denpasar.
Koordinator        : I Putu Praja Santika Abadi
Jurusan                : Keperawatan

8.       UKM Volly
UKM Voli merupakan unit kegiatan mahasiswa dari se-Poltekkes Denpasar yang mewadahi seluruh mahasiswa yang memiliki minat dan bakat pada bidang olahraga permainan bola voli. UKM Voli ini bertujuan untuk membentuk team bola voli yang kiranya akan mewakili Poltekkes Denpasar dalam berbagai ajang dalam bidang ini.
Kegiatan Latihan:
       Latihan dilaksanakan setiap dua minggu sekali
       Mengikuti perlombaan anta rkampus se-Bali 
Ketentuan Team:
       Anggota team terdiri dari tingkat I dan II masing-masing jurusan se-Poltekkes Denpasar
       Team  ditentukan berdasarkan kehadiran bukan hanya keahlian
Koordinator        : I Kadek Budi Astawan
Jurusan                : Analis Kesehatan

9.       UKM Basket
UKM Basket adalah salah satu unit kegiatan mahasiswa yang menampung minat dan bakat mahasiswa dibidang Olahraga khususnya basket.
Koordinator        : I Kadek Joniartha
Jurusan                : Kesehatan Lingkungan

10.   UKM Futsal
UKM FUTSAL merupakan unit kegiatan  mahasiswa di lingkungan Poltekkes Denpasar yang mewadahi seluruh mahasiswa yang berminat pada bidang olahraga permainan bola voli. UKM FUTSAL ini bertujuan untuk membentuk team bola FUTSAL yang kiranya akan mewakili Poltekkes Denpasar dalam berbagai ajang dalam bidang ini.
Kegiatan Latihan: 
       Latihan dilaksanakan setiap dua minggu sekali
       Mengikuti perlombaan antar kampus se-Bali 
Ketentuan Team:
       Anggota team terdiri dari tingkat I dan II masing-masing jurusan se-Poltekkes Denpasar
       Team ditentukan berdasarkan kehadiran bukan hanya keahlian
Koordinator        : Pande Agus Prayoga
Jurusan                : Kesehatan Lingkungan

11.   UKM KSR
Korps Sukarela (KSR) adalah kesatuan atau unit di dalam perhimpunan nasional PMI, yang merupakan wadah pengabdian bagi Anggota Biasa dan pribadi-pribadi yang atas kesadaran sendiri menyatakan diri menjadi anggota KSR dan siap menolong.  
Kegiatan yang dilakukan KSR antaralain ; Pertolongan Pertama dan Evakuasi Korban Kecelakaan, tanggap darurat bencana (petolongan pertama, evakuasi, dapurumum, penampungan darurat, distribusi relief, Restoring & Family Links, Program Dukungan Psikososial, Program Kesiapsiagaan Bencana Berbasis Masyarakat (KBBM), Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (PPBM), Pengurangan Risiko Dampak Bencana, Kampanye HIV & AIDS dan lain-lain.
Koordinator        : Luh Verra Sridyantari
Jurusan                : Keperawatan

12.   UKM PIK-M
PIK MAHASISWA (Pusat Informasi Konseling Mahasiswa) merupakan salah satu bntuk kepedulian BKKBN terhadap permasalahn yg dihadapi remaja2 pada umumnya. Program ini targetnya adalah mahasiswa. Berupa membentuk pusat konseling di kampus-kampus.
Koordinator        : I Made Suprayogi
Jurusan                : Kesehatan Lingkungan


Comments

Popular posts from this blog

MARS Politeknik Kesehatan Denpasar

HYMNE Politeknik Kesehatan Denpasar

PENUGASAN PKKMB POLTEKKES KEMENKES DENPASAR TAHUN 2022