SEJARAH BEM POLTEKKES DENPASAR


SEJARAH SINGKAT
Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar merupakan organisasi kemahasiswaan yang berkedudukan di tingkat Direktorat. BEM Poltekkes Denpasar resmi berdiri sejak 16 April 2004 bertepatan dengan Dies Natalis III Poltekkes Denpasar. Sejak berdiri hingga saat ini BEM Poltekkes Denpasar terus berbenah dan melakukan perubahan menuju organisasi yang lebih baik. Pada awalnya BEM Poltekkes Denpasar diketuai oleh Ketua Umum dan pemilihannya dilakukan secara musyawarah dengan perwakilan dari IKM masing – masing jurusan yang ada di Poltekkes Denpasar.
Pada tahun 2013 BEM Poltekkes Denpasar melakukan pemilihan umum (pemilu) pertama dimana semua warga Poltekkes Denpasar dilibatkan dalam menentukan pemimpin BEM Poltekkes Denpasar. Sejak itulah BEM Poltekkes Denpasar berubah memakai system parlemen berupa menteri – menteri dengan pemimpin tertinggi yaitu Presiden BEM. Pada pemilu pertama tersebut terpilihlah Ni Luh Mega Desyanti sebagai Presiden BEM Poltekkes Denpasar periode 2013/2014 dan sekaligus menjadi Presiden BEM pertama yang dipilih secara langsung oleh seluruh warga Poltekkes Denpasar melalui pemilu raya. Pada tahun yang sama berdiri organisasi Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) Poltekkes Denpasar sebagai organisasi diatas BEM dan berfungsi sebagai lembaga legislative dalam mengontrol kinerja BEM dan IKM. Adapun Ketua MPM yang pertama yaitu Luh Putu Wijayanti untuk periode 2013/2014.

FUNGSI
Adapun fungsi BEM Poltekkes Denpasar yaitu :
  1. Sebagai sarana dan wadah perwakilan mahasiswa tingkat perguruan tinggi Poltekkes Denpasar
  2. Menampung dan menyalurkan aspirasi mahasiswa, menetapkan garis-garis besar program dalam kegiatan kemahasiswaan
  3. Pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, komunikasi antar mahasiswa, pengembangan potensi jati diri mahasiswa sebagai insan akademis, calon ilmuan dan intelektual yang berguna di masa depan
  4. Pengembangan pelatihan ketrampilan berorganisasi, manajemen, dan/atau kepemimpinan mahasiswa; pembinaan dan pengembangan kader-kader bangsa yang berpotensi dalam melanjutkan kesinambungan pembangunan nasional
  5. Memelihara dan mengembangkan ilmu dan teknologi yang dilandasi oleh norma-norma agama, akademis, etika, moral, dan wawasan kebangsaan.

TUJUAN
  1.  Melakukan regenerasi pengurus BEM yang baru
  2. Menyelenggarakan musyawarah keluarga mahasiswa
  3. Menyelenggarakan rapat-rapat koordinasi mahasiswa bersama IKM
  4. Menyelenggarakan musyawarah mahkamah luar biasa jika dipandang perlu
  5. Mewadahi kreativitas mahasiswa; mampu membentuk dan mengembangkan sistem kaderisasi yang berkesinambungan bagi organisasi
  6. Meningkatkan profesionalisme dalam organisasi
  7. Menjalin hubungan internal dan eksternal organisasi yang kondusif
  8. Meningkatkan kepedulian mahasiswa Poltekkes Denpasar terhadap lingkungan sosial


LAMBANG BEM POLTEKKES DENPASAR
Lambang adalah sebuah tanda pengingat dan mempunyai makna yang sangat penting dan dalam serta pada dasarnya semua pemahaman yang kita miliki dan kita pikirkan agar mampu di pahami orang lain maka harus diwujudkan kedalam bentuk yang nyata karena pemikiran/petunjuk belum bisa dinalar oleh orang lain, jika tidak diwujudkan dalam bentuk sesuatu (gambaran nyata). Dengan adanya lambang atau gambar diharapkan mampu mewakili apa-apa yang menjadi pemikiran kita yang nantinya lambing tersebut dapat menjadi media pengingat bagi siapapun.
Adapun lambing BEM Poltekkes Denpasar yaitu Angsa yang di atasnya terdapat lambang Bakti Husada dan dihiasi dengan kelopak berjumlah tiga yang berwarna dasar hijau dengan garis pinggir putih. Di bawah angsa terdapat buku terbuka dan pena. Disekeliling angsa terdapat tulisan Politeknik Kesehatan Denpasar dan Badan Eksekutif Mahasiswa serta paling luar terdapat padma yang mengarah ke delapan penjuru mata angin dengan warna dasar hijaudan dilapisi warna putih serta garis pinggir berwarna hitam.

BENTUK DAN MAKNA LAMBANG


  1. Kelopak berjumlah delapan yang bermakna menunjuk ke delapan arah mata angina dimana angka delapan tidak pernah putus. Artinya keluarga besar mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar meskipun berada di tempat yang berbeda (segala penjuru) namun tetap sebagai keluarga yang tak terputus.
  2. Garis pinggiran berwarna hitam bermakna sesuatu yang abadi. Artinya kekeluargaan yang terjalin di bawah organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar adalah kekal abadi.
  3. Warna hijau mengikuti warna dasar lambang Politeknik Kesehatan Denpasar yang diambil dari filosofi warna simbol Kementerian Kesehatan RI yang melambangkan semangat pengabdian yang luhur, dilandasi dan dijiwai Pancasila dalam menyukseskan tujuan pembangunan kesehatan.
  4. Angsa adalah jenis binatang unggas yang memiliki sifat-sifat yang baik yaitu tidak suka berkelahi dan suka hidup harmonis. Angsa juga memiliki kemampuan memilih makanan. Meskipun makanan itu bercampur dengan air kotor tetapi yang masuk ke perutnya adalah hanya makanan yang baik saja, sedangkan air yang kotor keluar dengan sendirinya. Ini melambangkan bahwa keluarga besar mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar selalu berusaha menuntut ilmu pengetahuan dan mampu menjadi orang yang bijaksana, bisa membedakan yang baik dan yang buruk serta hidup dalam keselarasan, keserasian, dan keseimbangan.
  5. Buku dan pena melambangkan ilmu pengetahuan.
  6. Kelopak tiga bergaris pinggir putih dan berwarna dasar hijau yang terdapat di atas angsa melambangkan BEM Politeknik Kesehatan Denpasar mendukung program Politeknik KesehatanDenpasar dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, pengajaran, danpangabdian.
  7. Logo Bakti Husada yang ada di atas angsa adalah simbol Kementerian Kesehatan RI sebagai lembaga yang menaungi Politeknik Kesehatan Denpasar


PEMIMPIN BEM POLTEKKES DENPASAR 5 TAHUN TERAKHIR
  1. Putri Agung Sri Pramitadewi (Keperawatan) Ketua Umum Periode 2010-2011
  2. I Putu Gede Widhi Adnyana (Keperawatan) Ketua Umum Periode 2011-2012
  3. Gde Soeghaliy Arsa (Keperawatan) Ketua Umum Periode 2012-2013
  4. Ni Luh Mega Desyanti (Analis Kesehatan) Presiden BEM Periode 2013-2014
  5. I Gusti Ngurah Putu Jaya Antara (Keperawatan) Presiden BEM Periode 2014-Sekarang


Comments

Popular posts from this blog

HYMNE Politeknik Kesehatan Denpasar

MARS Politeknik Kesehatan Denpasar

PENUGASAN PKKMB POLTEKKES KEMENKES DENPASAR TAHUN 2022